Kamera 360: Wajah Halus Tapi Menipu

Handphone Anda memiliki aplikasi kamera 360? Kamera yang mampu mengubah tampilan gambar terlihat lebih halus. Misalnya saja, Anda mengambil gambar wajah anda secara portrait akan menghasilkan gambar yang terlihat lebih eksklusif dari biasanya. Dengan sistem edit standar akan menghasilkan gambar yang tak kalah dengan mulusnya artis korea.
doc:ist

Tak sedikit yang penasaran dengan aplikasi ini. Apalagi melihat wajah mulus beberapa teman yang lama tidak dijumpai. Padahal terakhir bertemu wajah dan tampilannya biasa saja. Tiba-tiba melalui media sosial, tampilannya sudah sangat berubah bak seorang selebritas dari negeri gingseng tersebut.

Tak sedikit juga yang mencemooh pengguna aplikasi ini. Apikasi yang memberikan kebohongan akan realitas sebenarnya. Realitas yang mengubah warna kulit mayoritas orang Indonesia yang kecoklatan menjadi putih bersih tanpa noda (seperti iklan detergen yaah..). Kamera ini menciptakan gambar yang abstrak tentang kehidupan seseorang.


Satu sisi kamera ini juga sangat menguntungkan. Cukup dengan satu aplikasi dapat warna kulit sesorang. Jadi, tidak perlu membeli bedak ataupun peralatan kosmetik yang hargannya ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Saya teringat pada tahun 2005 tentu kamera ini belum ada, saat orang-orang di sekeliling saya  menggunakan pemutih wajah. Pemutih wajah yang konon dapat memutihkan wajah dalam waktu singkat.  Sehingga tak jarang menemukan ibu-ibu atau remaja kala itu memiliki wajah seperti udang rebus. Katanya ini hanya efek sesaat kemudia wajah akan mengelupas dengan sendirinya. Setelah beberapa hari wajah akan bersih karena kulit luar yang mengelupas. Mengerikan memang melihat wajah merah seperti orang yang terkena penyakit kulit. Ah, orang akan membayar kengerian orang lain demi wajah yang katanya akan elok dipandang.

Belum lagi teman sekelas saya yang bernama Rahman. Karena sering diejek oleh beberapa teman karena kulitnya yang cukup legam. Ia berani mengolesi wajah dan tubuhnya dengan krim yang katanya dapat memutihkan dengan instan. Alhasil, beberapa hari ia tidak keluar rumah karena malu dengan kulitnya yang legam kemerahan.Ternyata, ia juga ingin putih.  Mestinya sebagai laki-laki dia tidak perlu memutihkan kulitnya.
doc:ilovefreesoftware.com


Bahkan setahu saya ada pemimpin di suatu negeri yang menghabiskan biaya hingga satu milyar rupiah hanya untuk mempercantik dandanannya. Semahal itu kah untuk membeli penampilan?  Mahal atau murah jawaban yang sangat relatif. Mungkin kecantikan dan penampilan menjadi kebutuhan primer bagi kalangan tertentu.

Oleh sebab itu, beberapa orang yang tidak sanggup membeli kecantikan dengan harga milyaran, kamera 360 mungkin salah satu solusi. Cukup dengan sekali jepret membagi ke media sosial wajah anda mungkin terlihat lebih mulus dibandingkan perawatan dan penampilan jutaan rupiah. Meskipun itu palsu, karena terkadang kita menyukai wajah halus tapi menipu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saraba atau Sarabba' Dialek yang Berbeda

(a)Susila di Negeri Raja

Dilema TVRI, Afiliasi Politis