Ijab Kabul Lewat Dunia Maya

Anda ingin menikah dan terkendala ruang dan waktu? Sibuk bekerja dan pasangan Anda berada di tempat yang berbeda? Sulit menentukan waktu yang tepat antara menikah dengan cuti bekerja? Sekarang ini, teknologi bisa mengatasi itu. 

doc:eotika.blogspot.com
Bagaimana jika Anda memanfaatkan teknologi yang kini sangat canggih. Menggunakan fasilitas media sosial, 3G, skype ataupun teleconference saat akad nikah. Misalnya, mempelai laki-laki berada di tempat berbeda dengan mempelai wanita. Bisa juga menuliskan kuasa melalui blog dan memberikan perwalian kepada seseorang untuk membacakan isi ijab kabul.

Ini mungkin hal yang sangat jarang terjadi dan mungkin sedikit aneh. Ide ini mungkin akan menimbulkan kontoversi. Saya memang tidak paham tentang bagaimana tata cara menikah yang sesuai dengan agama yang Anda anut. Tapi, ide ini bisa menjadi perbincangan. Tak mustahil juga suatu saat orang akan menggunakan teknologi untuk menggunakan momen sakral saat mengucapkan ijab kabul. 

Pernikahan lewat skype pernah terjadi antara Hafez di Dubai yang menikahi gadis pujaannya. Sebelumnya pada Maret tahun 2011 Samuel Kim dan Helen  pasangan di California, Amerika Serikat, juga menikah via dunia maya. 

Di Indonesia, sebenarnya bukan hal yang baru, konon katanya Gusdur saat menikah dengan Sinta Nuriyah menggunakan sambungan telepon dari jarak jauh. Itu dulu, saat jaringan skype dan internet belum ada di Indonesia. Tentu saja peristiwa ini juga menjadi perbincangan. Dan mungkin pada saat itu belum pernah terjadi.

Kekinian, setahu saya di Indonesia belum ada pasangan yang melakukan pernikahan melalui dunia maya. Mungkin ada, tapi belum menjadi perhatian. Adat menikah bagi orang-orang di Indonesia belum menempatkan media maya sebagai jalur melangsungkan pernikahan.  Lagipula belum ada regulasi yang mengatur bagaimana tata cara jika terpaksa ijab kabul menggunakan media elektronik. Alih-alih berpikir praktis, malah dianggap melanggar aturan agama... :(


*Ide tulisan ini  celetukan rekan-rekan saat diskusi tentang dunia maya.






Komentar

  1. apakah boleh ijab kabul tersebut free uang panai? seperti free-nya daftar fb dan media sosial lainnya di dunia maya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saraba atau Sarabba' Dialek yang Berbeda

(a)Susila di Negeri Raja

Dilema TVRI, Afiliasi Politis