Adiksi Bermedia Sosial

Hari ini, Jumat (19/7) saya terbangun di pagi hari karena merasa kegerahan. Apa pasalnya? Kipas angin yang saya pakai rupanya mati. Saya pun bergegas bangun dan mendapati seluruh ruangan gelap gulita. Ternyata mati lampu. 

Listrik padam hingga saya melanjutkan aktivitas di kampus. Tak ada tanda-tanda listrik akan bekrja seperti biasanya. Alat elektronik seperti Handphone yang memang tidak sempat saya cash otomatis mati seharian. Tak ada komunikasi via internet. Saya dan kawan-kawan yang semula berencana mengerjakan tugas terpaksa mengurungkan niat dan beralih untuk membahas hal-hal lain di luar tugas kuliah.
sumber: tanya.dok.com

Saya pun berusaha mencari tempat yang kemungkinan aliran listriknya tetap nyala. Akhirnya, saya memilih ke Mall yang notabene tidak listriknya tidak padam. Alhasil, siang hingga sore saya duduk di salah satu tempat yang menjual makanan cepat saji karena pertimbangan wifi.

Hari ini sepertinya sangat panjang dilalui tanpa listrik dan wifi. Saya sangat merasakan sangat ketergantungan pada dua hal tersebut. Aktivitas seolah tidak produktif dan hidup seperti ada yang 'hilang' karena tidak bisa bermedia sosial.

Apa jadinya jika hal ini akan berlangsung seminggu atau bahkan sebulan. Saya teringat dengan sebuah iklan yang menayangkan bagaimana 'gadget' mengubah pola hidup orang-orang dalam berkomunikasi. Saat kita bersama-sama dengan orang lain, kadang-kadang kita lebih menikmati berkomunikasi dan berdialog dengan teman-teman di media sosial. Terkadang, kita lebih memperhatikan 'gadget' yang kita miliki dibandingkan pembicaraan di sekitar kita. Pasti Anda juga pernah mengalami ketika semua orang berkumpul mayoritas dari mereka memegang gadget dan asyik bermedia sosial. Siapa peduli dengan yang lain? Saya menyebutnya "Autisme's gadget'

Mungkin ada juga manfaat dari padamnya listrik dan internet tersebut. Saya bisa memahami bahwa adiksi atau kecanduan gadget itu memiliki sisi buruk yang semakin tidak kita sadari.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saraba atau Sarabba' Dialek yang Berbeda

(a)Susila di Negeri Raja

Majuko Gondrong!!!